Bung Harus Memperhatikan Ini Semoga Motor Tak Gampang Overheat

Posted by Ganas003 on 19.52 in ,

Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup overheat mesinnya selayaknya mobil? Kalau Bung belum tahu, alangkah baiknya Bung perhatikan dulu apa saja yang menjadi penyebab motor mengalami overheat sebelum terlambat. Saat mengalami overheat, motor tentu bakal mengalami penurunan performa bahkan kerusakan.


Overheat sendiri ialah tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin. Istilah gampangnya sih motor Bung kepanasan. Salah satu alasan teknisnya ialah sirkulasi oli mesin yang terhambat hingga pendingin pada mesin yang tidak bekerja secara maksimal.


Namun, perkembangan teknologi mesin motor juga tak jalan di tempat. Salah satu pabrikan motor asal Jepang, menciptakan sensor ibarat ECU atau Electronic Control Unit yang menyelaraskan kinerja komponen pendingin mesin secara optimal. Tapi, Bung juga tak perlu galau bila motor kesayangan tak sanggup dibawa lari, karena ada beberapa hal yang sanggup Bung upayakan untuk menangani roda dua yang suka kepanasan.


Teratur Dalam Mengganti Oli Si Kuda Besi


 


Salah satu jenis cairan yang memegang tugas penting dalam mesin kendaraan bermotor ialah oli. Fungsinya sebagai pelumas untuk meminimalisir gaya tabrakan antar komponen yang berpotensi mengakibatkan kerusakan. Selain berfungsi meminimalisir gesekan, oli juga mempunyai kegunaan untuk mengontrol suhu di dalam ruang mesin.


Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup  Bung Harus Memperhatikan ini Agar Motor Tak Praktis Overheat


Oli harus diganti secara teratur, bukan hanya untuk menghindari mesin overheat saja Bung, tetapi juga menciptakan mesin jauh lebih infinit dan bekerja secara optimal. Dan dikala membawanya ke bengkel, Bung harus memastikan bahwa oli mengalir lancar dalam melumasi piston, klep, noken as, dinding silinder, dan komponen-komponen yang lainnya.


Selain Teratur Mengganti, Jangan Sampai Salah Jenis Oli


Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup  Bung Harus Memperhatikan ini Agar Motor Tak Praktis Overheat


Adanya buku petunjuk dikala membeli motor terkadang diabaikan begitu saja, padahal isi dari buku tersebut banyak catatan pentingnya, salah satunya wacana pemilihan jenis oli. Meskipun Bung sering mengganti oli kalau tidak sesuai dengan speksifikasi mesin sama saja percuma Bung. Untuk itu pastikan jenis oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin semoga kinerja mesin maksimal dan jauh dari overheat.


Perhatikan Kerapatan Piston


 


Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup  Bung Harus Memperhatikan ini Agar Motor Tak Praktis Overheat


Hal ini juga tak kalah penting, karena kalau Bung salah setel kerapatan piston sanggup menciptakan kendala susukan oli, sehingga berimbas kepada mesin motor Bung cepat panas. Posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat akan menciptakan seher dan piston tidak sanggup bergerak secara leluasa. Apabila sehabis piston tidak sesuai, lebih baik Bung membawa motor ke bengkel resmi semoga disetel ulang sesuai dengan standar pabrik.


Pilih Motor Yang siap Terhadap Suhu Panas


Coba perhatikan pilihan jenis motor yang bung gunakan. Ini negara tropis, suhu udara sanggup dipastikan sangat panas. Untuk itu pilihlah motor yang memang sesuai dengan kondisi ini.


Ambil teladan contohnya Suzuki GSX-S150. Secara desain motor ini mempunyai fairing kecil di sampingnya. Ini bukan hanya sebagai hiasan namun juga untuk membantu pendinginan mesin.


Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup  Bung Harus Memperhatikan ini Agar Motor Tak Praktis Overheat


Mesinnya sendiri dibentuk efisien. Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-S150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan berpengaruh melalui transmisi 6 percepatan.


Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup  Bung Harus Memperhatikan ini Agar Motor Tak Praktis Overheat


Manajemen mesin GSX-S 150 ini dilengkapi dengan 6 sensor untuk efisiensi kerja untuk menciptakan konsumsi materi bakar lebih ekonomis. Sistem pengapiannya disebut closed loop, dengan adanya oksigen sensor pada pembuangan yang sanggup dibilang jarang diterapkan pada motor sekelasnya. Ini juga termasuk penerapan throttle body diameter 32mm dan injektor 10 lubang produk Mitsubishi semoga pengabutan gabungan materi bakar lebih atomized. Sebagai bocoroan, teknologi ini serupa yang ada pada GSX-R 1000 loh.


Mesin tersebut didukung dengan radiator yang besar sehingga menjamin mesin tetap adem meski digunakan dalam durasi yang lama. engan ukuran pendingin air yang besar ini, dibutuhkan suhu mesin akan tetap optimal meski dipacu dengan tenaga maksimal. Dan pastinya akan tetap nyaman jikalau digunakan untuk digunakan harian.


Periksa Pula Kinerja Kipas Radiator, Bung


Penyebab suhu mesin tidak berada di posisi normal ialah kipas radiator. Komponen ini mempunyai fungsi mengalirkan udara melewati sirip-sirip radiator dan mendinginkan suhur air radiator, kipas pun akan bekerja sesuai dengan aba-aba dari sensor yang memperlihatkan sinyal kalau mesin dalam keadaan overheat.


Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup  Bung Harus Memperhatikan ini Agar Motor Tak Praktis Overheat


Sayangnya tak semua jenis motor berpendingin air dilengkapi dengan kipas. Makara masuk akal jikalau kemudian panas jikalau motor terkena macet. Berbeda dengan Suzuki GSX-S150 contohnya yang radiatornya sudah dilengkapi oleh kipas radiator. Makara ketika suhu mencapai 80 derajat celcius termostat akan terbuka dan mengalirkan air radiator. Sementara jikalau sudah mencapai 105 derajat celcius, kipas akan otomatis menyala dan menciptakan mesin kembali adem.


Water Coolant Harus Disiapkan Agar Overheat Terhindarkan


 


Water coolant atau cairan pendingin didistribusikan ke radiator mesin untuk mendinginkan mesin dikala digunakan. Biasanya, penyebab paling umum dan sering terjadinya overheat ialah kurangnya cairan pendingin, karena sang pengendara tidak mengecek water coolant secara teratur.


Apakah Bung tahu kalau roda dua juga sanggup  Bung Harus Memperhatikan ini Agar Motor Tak Praktis Overheat


Apabila Bung doyan touring, alangkah baiknya Bung mengecek water coolant karena motor yang kerap melaksanakan perjalanan jauh, water coolant-nya akan cepat berkurang. Jika memungkinkan coba bawa cairan pendingin cadangan.