Mengenang The Valley Parade Disaster, Stadion Di Inggris Yang Dilahap Si Ahli Merah

Posted by Ganas003 on 09.52 in ,

Tepat pada hari ini 11 mei 1985 silam, sepak bola Inggris berduka dengan luluh lantaknya stadion Bradford FC yang diakibatkan dengan sepuntung rokok.  Sebanyak 50 penonton menjadi korban jiwa dan lebih dari 250 penonton lainnya mengalami luka-luka serta cidera ringan. Alhasil pertandingan yang mempertemukan Bradford FC dengan Lincoln City FC harus berakhir dengan tangis dan air mata.


The Valley Parade Disaster, menjadi nama bencana yang diambil dari nama stadion Bradford FC, yang selalu dikenang setiap tanggal 11 Mei. Struktur bangunan stadion yang terbuat dari kayu membuatnya dengan gampang dilahab si andal merah. Padahal banyak fans Bradford FC yang tiba untuk melihat kebangkitan timnya sejak melarat dua tahun sebelumnya.


Selain itu, pertandingan tersebut sangat krusial menyerupai dilansir dari History.com, guna meraih poin penuh untuk menjuarai liga kasta ketiga di Inggris. Harapannya untuk berlaga di divisi kedua sebab persaingan bakal lebih bergengsi dan ketat di divisi tersebut.


Kebakaran terjadi menjelang turun minum babak pertama yang terjadi di salah satu ujung tribun utama. Beberapa penonton berlarian ke tepi lapangan guna menyelematkan diri dari si andal merah. Akan tetapi pengelola stadion ketika itu tidak memperlihatkan respon cepat dan tanggap. Sehingga dalam beberapa menit api menyebar dan melahap satu tribun dengan mudahnya.


Mayoritas yang meninggal ialah penggemar sepak bola yang sengaja tiba untuk memperlihatkan proteksi bagi klub idolanya masing-masing. Namun naas, bukannya agresi pemain favoritnya yang menjadi tontonan malahan kobaran api yang menggelegar menjadi pemandangan di ketika itu.


“Saya belum pernah melihat yang menyerupai ini. Asapnya mencekik. Saya menjamin Anda tidak dapat bernafas di sana,” pungkas Geoffrey Mitchell, salah seorang korban selamat menyerupai dilansir dari laman yang sama.